Tak hanya memerlukan kemampuan komunikasi yang baik, seorang pengusaha dan sales marketing juga wajib menguasai strategi bernegosiasi. Pada dasarnya, negosiasi merupakan suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi. Dalam dunia pemasaran, negosiasi merujuk pada kegiatan tawar-menawar mengenai kesepakatan kerja sama ataupun penjualan produk barang dan jasa. Negosiasi yang berhasil, akan berpengaruh baik pada pengembangan bisnis anda pula.
Kali ini icommunity.id akan membagikan 5 strategi sukses bernegosiasi, yang efektif untuk memikat pelanggan. Bagi anda yang belum memiliki jam terbang dalam hal bernegosiasi tak perlu khawatir lagi, nih! Simak ringkasannya sekarang!
- Kenali pelanggan, dan pahami kebutuhannya
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal dengan baik target pelanggan. Pahami dengan siapa anda akan berbicara, dan apa yang mereka butuhkan. Selalu persiapkan topik yang relevan, dan sampaikan itu dengan cara bicara yang sesuai dan sopan.
Ketahui siapa decision maker yang nantinya akan melakukan pembelian. Apakah wanita muda, ataukah seorang pria dewasa. Memahami minat dan karakteristik calon pelanggan, akan membantu anda mengetahui apa sebenarnya kebutuhan, kecemasan, dan harapan mereka mengenai produk yang ditawarkan.
- Kuasai keunggulan produk dan siapkan informasi lengkapnya
Setelah memahami pelanggan, anda perlu menguasai segala informasi lengkap dari produk yang akan anda tawarkan. Pastikan segala keunggulan yang ada pada produk sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Sampaikan dengan jelas setiap detail produknya, dan pastikan pelanggan paham sepenuhnya.
Dalam hal ini, kemampuan dan pola komunikasi yang diterapkan akan sangat mempengaruhi keputusan pelanggan. Perhatikan setiap pemilihan kata dan berhati-hatilah dengan intonasi yang anda gunakan.
- Utamakan pelanggan, dan bukan uang
Ketika bernegosiasi, cobalah untuk berempati pada pelanggan dan tidak hanya mengejar keuntungan pribadi. Selalu ingat bahwa ketika bernegosiasi, kamu tak hanya harus mengupayakan produk kamu terjual, namun juga perlu memastikan relasi dengan pelanggan tersebut tetap terjaga. Pastikan anda tidak menyinggung dan memaksa pelanggan.
Relasi yang baik, akan membawa anda pada lingkungan yang lebih luas dan membuka peluang bisnis anda dikenal oleh banyak orang pula.
- Percaya diri dan sigap ambil peluang
Strategi berikutnya yang bisa anda terapkan adalah tingkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri akan nampak melalui gestur, intonasi, dan mimik muka anda ketika berbicara selama proses negosiasi. Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba ajukan penawaran terlebih dahulu dengan pembawaan yang tenang, untuk memberi kesan profesional.
Di sisi lain, anda harus pintar mengambil peluang ketika proses negosiasi sedang berjalan. Fokus dengarkan segala hal yang pelanggan katakan, agar anda dapat menangkap peluang dan memanfaatkannya.
- Manfaatkan perkembangan teknologi dan media sosial
Selain berfokus pada proses negosiasi secara langsung, di era dengan percepatan teknologi ini anda dapat pula memaksimalkan penggunaan media sosial. Melalui media sosial anda dapat menemukan target pelanggan baru dan menebak karakteristiknya dengan mudah pula.
Tak hanya itu, dengan menguasai cara promosi dengan sistem digital (digital marketing), anda dapat menemukan segala informasi baru mengenai kebutuhan "pasar". Terakhir, anda dapat memaksimalkan penggunaan platform video conference untuk menjangkau pelanggan dengan lebih praktis dan cepat.
Di sisi lain, satu hal yang tak boleh anda lupakan selama bernegosiasi adalah bahwa kejujuran dan integritas adalah hal utama. Tinggalkan kesan yang baik, dan selalu jaga kepercayaan pelanggan, niscaya bisnis anda akan bertahan lama.