Bagaimana Membangun Usaha dengan Dana 2 Juta Saja? | icommunity.id

Bagaimana Membangun Usaha dengan Dana 2 Juta Saja?

22 Jun 2023
Membangun usaha atau menjadi pegawai? Ketika orang diberikan kedua pilihan tersebut, orang cenderung berpikir bahwa menjadi pegawai tidak membutuhkan modal usaha, padahal itu tergantung dari bagaimana sudut pandang Anda. Membangun usaha dengan modal 2 juta untuk sekelas restoran seharga 1 milyar? Tidak mungkin. Namun, dengan 2 juta rupiah bisa saja digunakan untuk membangun usaha, namun dengan skala yang lebih kecil.

Misalnya Anda membuat warung makan kecil-kecilan yang kemudian bisa berkembang menjadi restoran dan bisa meningkatkan nilai Anda sampai di angka 1 milyar. Namun, semua itu membutuhkan waktu pula. Kuncinya adalah selalu berusaha dan kreatif dalam membangun usaha karena tidak ada usaha yang langsung menjadi besar.

Jika Anda yang termasuk orang yang kreatif, maka usaha juga bisa dilakukan dengan modal usaha 0 rupiah, bagaimana?
  • Membuat Proposal
Sebagai orang yang memiliki ide bisnis tapi tidak memiliki modal usaha. Kita dapat membuat proposal tentang gambaran bisnis yang mau dibuat yang berisi SWOT yakni Strength, Weakness, Opportunity, Threat dari bisnis yang akan dibuat. Semua harus digambarkan sespesifik mungkin.
  • Membuat Business Plan dan Financial Plan
Setelah membuat proposal Anda juga harus memiliki Future plan untuk bisnis Anda, bagaimana gambaran bisnis yang akan Anda bangun dalam waktu 5 tahun kedepan, 10 tahun kedepan, yang juga dilengkapi dengan Financial Plannya. Financial Plannya itu juga harus dipikirkan matang-matang dari bagaimana produksinya hingga nanti biaya operasional dan keuntungannya.
  • Pitching Investor 
Jika segala kebutuhan terkait proposal bisnis dan financial plan sudah Anda siapkan dengan baik, saatnya Anda melakukan pitching kepada investor. Jika Anda memiliki kreativitas, selalu berusaha, dan pastinya memiliki networking yang tepat, investor manapun siap menerima proposal Anda dan berinvestasi jika Anda memiliki business plan, strategi marketing dan sales secara baik.

Meskipun Anda memiliki modal usaha 0 atau berapapun yang Anda miliki, jika Anda mau untuk berusaha, mau bergerak, kreatif, dan memiliki networking yang tepat, Anda bisa membangun usaha Anda sendiri dan memiliki pegawai sendiri tanpa harus menjadi pegawai perusahaan orang lain.