Jadi Deal Maker Emang Modal Ngomong, Tapi BUKAN Ngomong Doang! | icommunity.id

Jadi Deal Maker Emang Modal Ngomong, Tapi BUKAN Ngomong Doang!

08 Jul 2022
Semakin berkembangnya industri kreatif saat ini memungkinkan lapangan pekerjaan semakin bertambah. Hal ini terlihat dari banyaknya startup yang bermunculan, dan sektornya pun tidak hanya pada satu sektor saja seperti teknologi, tetapi juga fesyen, kerajinan sampai dengan musik.

Banyaknya startup ini pastinya juga didukung oleh kreativitas dan ide ide yang inovatif. Namun, dalam mengembangkannya para Founder ini seringkali dihadapkan dengan kebutuhan modal yang tidak tercukupi. Oleh karena itu, para Founder ini membutuhkan para investor untuk menambah modal mereka.

Untuk menarik perhatian para investor ini, para founder harus melakukan presentasi ide dalam waktu yang singkat namun tetap menggunakan cara yang menarik yaitu PITCHING.

Bagi para pebisnis penting mengetahui apa itu Pitching, karena melalui ini Anda dapat menunjukkan kepada investor bahwa bisnis yang Anda jalankan memang layak dan akan menjadi ladang investasi yang tentunya akan sangat menguntungkan kedepannya.

Siapkan Pitch Deck

Pitch Deck adalah tool atau alat yang membantu untuk presentasi menjelaskan terkait rencana bisnis melalui power point, Keynote, dan lain sebagainya. Tampilannya selain menarik, dan informatif. Selain itu, dalam mempersiapkannya kita juga harus tau siapa calon investor yang kita akan berikan presentasi sehingga tahu cara untuk menarik perhatiannya.

Berdasarkan sumber forbes.com yang dikutip dalam buku “The Art of Startup Fundraising” bahwa Founder harus menyiapkan dua pitch deck, yang pertama adalah proposal yang berisikan banyak text dan informasi kemudian dikirimkan melalui email. Sedangkan yang kedua adalah presentasi yang harus ditunjukkan ketika bertemu person to person. Oleh karena itu, presentasinya lebih banyak muncul gambar-gambar visual.

Ada tiga kunci cara membuat Powerful Pitch Deck, diantaranya :
  1. Jelas dan Simple
  2. Menarik
  3. Mudah untuk Dipraktekkan/Dijelaskan
Lalu, isi yang harus ada di dalam presentasinya adalah :
  1. Masalah
  2. Solusi
  3. Target Market
  4. Produk
  5. Daya Tarik
  6. Tim
  7. Kompetisi - SWOT
  8. Financial
  9. Modal yang Dibutuhkan
Menjadi Deal Maker lewat Pitching

Setelah menyiapkan Pitch Decknya, jadi sekarang bagaimana mengkomunikasikannya melalui Pitching. Seringkali saat melakukan pitching, kita bisa merasakan nervous karena dituntut untuk berbicara di depan investor secara halus dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, saat melakukan pitching memerlukan banyak latihan.

Bersama Arih Budi Utomo seorang CEO dan Founder dari Ideas Consulting pada saat melakukan presentasi terkait pitching di iCommunity Level Club yang dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 19.30 WIB.

iCommunity adalah komunitas yang menjadi tempat para pebisnis untuk bertemu dan menjalin networking. Setiap minggunya akan dilaksanakan iCommunity Level Club (ILC) yang mana tiap anggota dari iCommunity akan mendapatkan Ilmu terkait bisnis yang berbeda-beda tiap minggunya.

Memiliki relevansi dengan pitching, dimana ada bermacam-macam, misalnya pitching untuk bisnis untuk deal ke institusi atau partner agak berbeda karena lebih banyak mendengarkan, diskusi.

Lalu, apa yang harus dilakukan?
  1. Interpersonal Skill - adalah bagaimana kita bisa cepat membangun komunikasi antar personal (nyambung) dengan orang lain, bisa lebih cepat akrab dengan orang lain dan mampu Membangun Kesetaraan dengan lawan Bicara melalui :
    • Grooming atau Penampilan untuk menciptakan first impression yang baik
    • Bisa menjadi Pendengar yang baik
    • Bahasa Tubuh
  2. Kemampuan untuk Menggali apa yang dibutuhkan customer (Business Communication) yakni diimbangi dengan kemampuan listening skill yang sangat kuat.
    • Bagaimana cara mengidentifikasi kondisi atau problem saat ini
    • Desire State atau harapan/solusi ideal yang diinginkan
  3. Pitching
    • penyampaiannya singkat, tajam, adalah untuk support dan memberikan yang terbaik untuk customer mendapatkan goalsnya.
  4. Negotiation Skill - bagaimana seorang deal maker bisa mencapai kesepakatan bersama dengan customer/klien, dan keduanya merasa diuntungkan dengan perjanjian yang dibuat.