Tips Komunikasi yang Bisa Kembangkan Bisnis Anda Naik Level | icommunity.id

Tips Komunikasi yang Bisa Kembangkan Bisnis Anda Naik Level

08 Jul 2022
Ada banyak cara untuk berkomunikasi dalam mengembangkan bisnis. Komunikasi adalah kunci untuk menyamakan persepsi dan makna. Kamis lalu, (30/6) iCommunity Level Club menghadirkan Donny de Keizer sebagai salah satu pembicara Komunikasi dalam Bisnis di Era New Normal.

Pada awal presentasinya Donny mengutip kalimat Brian Tracy dimana Komunikasi adalah kemampuan yang bisa dipelajari, seiring berjalannya waktu, komunikasi bisa ditingkatkan dan menjadi suatu alat yang sangat berkualitas dan berguna pada segala aspek hal yang dilakukan termasuk dalam hal berbisnis.

Lebih lanjut, Donny juga menjelaskan bahwa meskipun cara kita berkomunikasi di era New Normal saat ini dimana kebiasaannya mulai bergeser. Namun, kemampuan komunikasi harus tetap diasah dan dikembangkan agar bisnis yang dijalankan tetap bisa beroperasional dan bisa mengembangkannya menjadi salah satu tool peluang bisnis yang lebih baik lagi.

Donny de Keizer menyebutkan ada 6 poin utama dalam berkomunikasi di Era New Normal saat ini :
1. Kepercayaan (Trust)
 
Membangun kepercayaan bukan hal mudah, salah satunya adalah bagaimana kita bisa tetap menepati janji dengan apa yang kita katakan. Jika kita sering ingkar dengan apa yang kita ucapkan, hal ini juga bisa membuat orang tidak percaya.

Selain itu, tiba tepat waktu ketika sudah melakukan janji temu. Hal ini juga menjadi poin penting karena jangan pernah membuat orang lain menunggu, meskipun dia adalah bos, client, teman, apapun itu. Karena kita juga harus menghargai janji yang sudah dibuat bersama. Lebih baik kita menunggu daripada membuat orang lain menunggu.

2. Ketulusan Lewat Mata (Although You’ve Wear Your Mask On)

Di Era New Normal saat ini, kebiasaan kita mulai bergeser dengan menerapkan protokol kesehatan pada kegiatan yang kita lakukan, salah satunya adalah wacana dalam menggunakan masker.

Meskipun menggunakan masker, ekspresi yang kita tunjukkan kepada orang lain juga bisa terlihat melalui mata. Donny menjelaskan bahwa jika kita tersenyum dengan tulus mata kita juga akan menunjukkannya. Jadi, menggunakan masker bukan menjadi alasan untuk melakukan fake smiles.

3. The Power of Word, thank you. What Can I do?

Usahakan untuk bisa selalu menolong orang lain, ketika kita menolong orang lain pun pasti selalu ada kebaikan yang akan kita terima. Misalnya, relasi baru, menjaga hubungan dengan orang yang kita bantu. Hal ini juga menjadi poin penting karena dengan membangun hubungan dengan orang lain juga bisa menjadi satu pertolongan untuk kita sendiri di masa depan.

4. Optimalkan Media Sosial
 
Jangan hanya menggunakan media sosial untuk keperluan pribadi seperti tempat untuk album foto atau mengunggah dokumentasi pribadi saja, tapi juga membangun mitra melalui media sosial.
 
5. Connecting with People (Networking)
 
Menjalin komunikasi bisnis dengan mitra atau customer anda. Networking adalah hal utama dalam komunikasi, nah tapi hal yang sering terjadi juga setelah kita mendapatkan relasi baru/masuk grup baru kita tidak menjaga hubungan (networking) itu tetap berlanjut. Seharusnya networking adalah tetap menjaga komunikasi walaupun hanya sekedar sesekali merespon chat melalui WA Group. 
 
6. Personal Message
 
Membangun komunikasi secara personal seperti memberikan dukungan secara pribadi, mengucapkan selamat ulang tahun, atau bahkan berempati melalui story yang dibuat. Hal ini akan menambah tingkat kedekatan kita dengan lawan bicara kita, dan bayangkan berapa banyak hubungan networking yang kita bangun bisa menjadi partner bisnis kita dan bisa menjadi salah satu hal yang mendukung bisnis kita menjadi naik level.

Selain enam poin penting yang harus diperhatikan di atas, juga ada tips yang harus kita lakukan sebelum memulai komunikasi. Sebelum melakukan komunikasi, Donny mengibaratkan bahwa dia akan menembak kepada target, maka yang harus dia lakukan adalah menyiapkan tool/alat yang tepat agar tepat sasaran, yakni melalui Audience Mapping.

Audience Mapping adalah cara untuk mengetahui apa yang sebetulnya client inginkan atau pembicaraan yang akan kita bangun menuju mana, bahkan sampai hal apa yang disukai pun juga bisa menjadi alat agar obrolan yang ingin kita sampaikan bisa tepat sasaran.

Nah, bagaimana? Kira-kira sudah sejauh mana Komunikasi Bisnis yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan Anda?