Rahasia Bisnis Sukses, Berikut 4 Tips Jualan Laris di TikTok Shop Saat Ini | icommunity.id

Rahasia Bisnis Sukses, Berikut 4 Tips Jualan Laris di TikTok Shop Saat Ini

18 Jul 2023
TikTok tengah menjadi media sosial yang digandrungi masyarakat Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan tambahan special effect yang menarik dan mudah digunakan. Medsos ini berhasil memberi ruang bagi masyarakat, untuk bebas berkreasi dan mengekspresikan diri. Di sisi lain, menurut katadata.co.id jumlah pengguna tiktok di Indonesia merupakan yang terbesar kedua setelah Amerika. Kini pengguna tiktok di Indonesia telah mencapai 109,9 juta. Jumlah angka yang fantastis ini berhasil membuka peluang baru, di mana fungsi tiktok tak hanya menjadi media hiburan saja, melainkan sebagai media promosi dan ekspansi bisnis pula. Fenomena ini semakin didukung dengan adanya fitur TikTok Shop yang resmi diluncurkan pada 17 April 2021 silam. 

TikTok Shop merupakan fitur social commerce, yang memberi kesempatan bagi para brand untuk berjualan melalui distribusi konten video pendek dan fitur live shopping. Live shopping ini dapat dilaksanakan melalui akun TikTok bisnis masing-masing, ataupun bekerja sama dengan para kreator. Menariknya, TikTok Shop juga menyediakan fasilitas pelatihan dan edukasi bertajuk TikTok Shop Seller Conference. Gelaran ini menyorot kolaborasi antara seller, kreator, dan pengguna untuk dapat memaksimalkan TikTok Shop menjadi media pengembangan bisnis di Indonesia. Beberapa tips yang perlu para seller perhatikan untuk sukses berjualan di TikTok Shop adalah sebagai berikut: 
  • Bangun konten yang menarik
Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenai kualitas konten. Berbeda dengan sosial media lainnya, TikTok memiliki algoritma yang tidak terduga. Jika instagram akan menyediakan konten sesuai following masing-masing, TikTok akan suguhkan konten viral dengan topik-topik yang sedang hangat di kalangan masyarakat. Hal ini membuka peluang konten anda dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna TikTok di Indonesia.
Berikut beberapa cara, agar konten anda dapat "viral" (fyp) dan meraih banyak penonton di TikTok:
- Ikuti trend, riset musik yang populer, dan buat karakter konten yang unik. 
- Coba kolaborasi dengan kreator lain dan lakukan interaksi sebanyak mungkin. 
- Buat caption yang menarik dan gunakan hastag yang tepat. 
- Publikasikan konten dalam masa prime time (jam ramai pengguna tiktok). Prime time biasa terjadi pada pukul 16.00-17.00 atau 19.00-23.00 WIB. 
- Konsisten dan selalu fokus tingkatkan kualitas visual dan musik. 
  • Konsisten laksanakan live streaming yang menghibur
Tak hanya konten, kini cara jitu berjualan di TikTok Shop adalah dengan memaksimalkan fitur live streaming. Bukan live streaming yang biasa-biasa aja, anda perlu memastikan live tersebut menarik dan menghibur. Live streaming yang mendulang banyak penonton akan memperbesar peluang produk terjual lebih banyak pula.
Beberapa tips yang bisa anda coba untuk memaksimalkan live streaming adalah:
- Tentukan waktu live yang tepat (prime time).
- Persiapkan tempat dan alat yang memadai. 
- Pilih judul live yang menarik. 
- Siapkan topik dengan matang. 
- Lakukan CTA (Call To Action). 

Ajak audiens untuk berkomunikasi dua arah, jawab komentar yang diberikan, dan ulang kalimat persuasif, seperti "Ayo segera dibeli! Check-out sekarang! Harga promo hanya berlaku saat Live berlangsung.” Hal ini akan efektif untuk mempengaruhi pilihan setiap penonton selama menyaksikan live streaming anda. 
  • Upgrade ke akun bisnis dan kenali setiap fitur yang ada
Setiap tahunnya, TikTok selalu menghadirkan fitur-fitur baru untuk mendukung kreativitas setiap pengguna. Sebagai seorang seller kamu wajib untuk tetap update mengenai segala fitur tersebut, agar konten dan live streaming kamu tidak monoton. Tak hanya itu, bagi pengguna TikTok for Business, kamu juga bisa mencoba banyak fitur yang lebih beragam, seperti:  
- Fitur unique engagement solution, di mana anda dapat berinteraksi dengan followers dengan cara yang lebih beragam seperti membalas komentar dengan video, dll. 
- Fitur performance tracking real time, yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan evaluasi dari performa konten dan live yang sudah dilaksanakan.  
  • Buat iklan (ads) untuk maksimalkan langkah promosi
Langkah berikutnya adalah dengan mencoba TikTok Ads Manager. Penggunaan iklan memiliki banyak kegunaan, mulai dari meningkatkan traffic ke situs web, meningkatkan penjualan online, hingga menjaring prospek penjualan baru. 
Berikut beberapa langkah membuat iklan (ads) yang benar. Simak yuk! 
- Pilih tipe audiens, sesuai target bisnis yang kamu inginkan.
- Atur anggaran yang akan digunakan.
- Rancang iklan dengan matang, dengan menyiapkan konten video atau foto yang intuitif.
- Tayangkan iklan, dan TikTok akan memastikan iklan anda sampai pada pengguna yang tepat. 
- Lakukan evaluasi, dan monitoring iklan setiap saat.  

Kini mengembangkan bisnis dapat dilakukan melalui ratusan cara dan media. Untuk itu para pelaku bisnis juga harus siap menerima perubahan, dan mengoptimalkan penggunaan media pula. Yuk eksplor TikTok lebih dalam lagi!